Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan ,Sebagian besar anda pasti sudah sering mendengar nama buah ini. Buah sawo memang jenis buah yang tidak kalah populer dari buah lainnya. Biasanya buah ini sangat banyak dijual dipasaran, apalagi saat musim panen tiba. Sawo manila merupakan buah yang sangat populer di Asia Tenggara. Wilayah ini adalah produsen dan sekaligus konsumen utama buah ini di dunia. Sawo disukai terutama karena rasanya yang manis dan daging buahnya yang lembut.

Ciri-Ciri Tanaman Buah Sawo Manila:
Bentuk pohon buah sawo besar dan rindang, dapat tumbuh hingga setinggi 30-40 m. Bercabang rendah, batang sawo berkulit kasar abu-abu kehitaman sampai coklat tua. Seluruh bagiannya mengandung lateks, getah berwarna putih susu yang kental.
Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Daun tunggal, terletak berseling, sering mengumpul pada ujung ranting. Helai daun bertepi rata, sedikit berbulu, hijau tua mengkilap, bentuk bundar-telur jorong sampai agak lanset, 1,5-7 x 3,5-15 cm, pangkal dan ujungnya bentuk baji, bertangkai 1-3,5 cm, tulang daun utama menonjol di sisi sebelah bawah.

Bunga-bunga tunggal terletak di ketiak daun dekat ujung ranting, bertangkai 1-2 cm, kerapkali menggantung, diameter bunga s/d 1,5 cm, sisi luarnya berbulu kecoklatan, berbilangan 6. Kelopak biasanya tersusun dalam dua lingkaran; mahkota bentuk genta, putih, berbagi sampai setengah panjang tabung.

Buah buni bertangkai pendek, bulat, bulat telur atau jorong, 3-6 x 3-8 cm, coklat kemerahan sampai kekuningan di luarnya dengan sisik-sisik kasar coklat yang mudah mengelupas, sering dengan sisa tangkai putik yang mengering di ujungnya. Berkulit tipis, dengan daging buah yang lembut dan kadang-kadang memasir, coklat kemerahan sampai kekuningan, manis dan mengandung banyak sari buah. Berbiji sampai 12 butir, namun kebanyakan kurang dari 6, lonjong pipih, hitam atau kecoklatan mengkilap, panjang lk. 2 cm, keping biji berwarna putih lilin.

Kandungan Gizi Buah Sawo:

Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Kandungan kaliumnya,193 mg/100 g. Sawo juga memiliki kadar natrium, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Selain kaya akan kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya.

Dalam 100 gram buah sawo terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalsium           21 mg
  • Magnesium      12 mg
  • fosfor              12 mg
  • selenium          0,6 mg
  • seng                 0,1 mg
  • tembaga           0,09 mg
  • vitamin C        14,7 mg

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan:

1. Dapat membuat tulang lebih kuat.
Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua.

2. Berguna untuk kesehatan mata.
Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga jika anda mengkonsumsi buah ini anda akan mendapatkan manfaat yang baik bagi mata anda. Yaitu menyehatkan mata anda, jadi anda bisa mengkonsumsi buah yang lezat namun juga menyehatkan mata.

3. Dipercaya mengandung banyak protein.
Kita tahu bahwa protein baik bagi pertumbuhan apalagi bagi anak anak, nah anda bisa juga mendapatkan asupan protein dengan mengkonsumsi buah sawo.

4. Berguna untuk membuat kulit menjadi sehat.
Di dalam buah sawo terkandung vitamin E, kita tentu tahu kulit kita sangat membutuhkan vitamin ini. sebab dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

Sumber Artikel : http://manfaatbuah.net/khasiat-dan-manfaat-buah-sawo-bagi-kesehatan/
Tag : Buah, Health, Manfaat
0 Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan"

Back To Top